#HTML

Belajar HTML Dasar #2 - Struktur HTML

Fahras Nur Hidayat
blog thumbnails

Struktur HTML

Hai Sobat Koding ... 😎

Senang sekali kita bisa ketemu lagi diartikel kedua dari Kodingnesia, sesuai janji saya kemarin kita akan melanjutkan pembahasan tentang Struktur HTML.

Sebelum kita mulai kita ingat ingat dulu Struktur dasar dari HTML berikut ini :

  • - Tag DTD atau DOCTYPE
  • - Tag HTML
  • - Tag HEAD
  • - Tag BODY

Berikut ini contoh codenya agar kita mengingat kembali.

  
    <!DOCTYPE html>
    <html lang="en">
      <head>
        <title>Kodingnesia HTML</title>
      </head>
      <body>
        <p>Hallo sobat Koding</p>
      </body>
    </html>
  

Tag DTD Atau DOCTYPE

Apaitu DTD? DTD atau biasa disebut DOCTYPE merupakan singkatan dari Document Type Declaration yang berfungsi untuk memberitahu browser bahwa document yang akan ditampilkan adalah document berbentuk teks HTML.

Mengapa kita harus menggunakan DOCTYPE? jika kita tidak menulis DTD atau DOCTYPE diawal struktur HTML, maka browser akan tetap mengeksekusi dan menampilkan halaman website kita seperti biasa.

Tapi sebenarnya, browser menampilkan halaman HTML tersebut pada mode khusus yang disebut Quirk Mode

Artinya browser menampilkan halaman web tidak sama persis seperti yang kita inginkan karena dianggap halaman tersebut kemungkinan besar merupakan web yang obsolete(usang).

Tag HTML

Selanjutnya, semua HTML Code yang menandai bagian-bagian dalam dokumen serta membentuk desain sebuah halaman website harus berada setelah tag <html>.

Ohh iyaa tag HTML ditulis harus berpasangan dengan tag penutupnya, dimulai dengan <html> dan diakhiri dengan </html>, Kode-kode HTML lainnya ada diantaratag pembuka dan penutup tersebut.

Tag HEAD

Tag yang ditulis dengan bentuk <head> ini berfungsi secara teknis. Maksud dari teknis? iyaa jadi bagian atau elemen yang ditulis pada tag <head> umumnya berbentuk keterangan teknis.

Seperti definisi dan judul pada halaman, dan kode-kode CSS, JavaScript, deskripsi halaman, dan kode-kode lainnya yang tidak terlihat sebagai salah satu desain di dalam sebuah halaman.

Judul halaman website ditulis menggunakan tag <title> setelah kamu menulis tag <head>. Title ini biasanya ditampilkan pada bagian atas jendela browser atau di bagian Tab(pada Google Chrome).

Image Tab

Tag BODY

Tag <body> digunakan untuk meletakan semua elemen yang akan terlihat didalam halaman website pada saat halaman itu diakses oleh browser.

Jadi tag body adalah parent dari element tag seperti tag paragraf, heading, tabel, link, dan lain sebagainya, sama seperti tag lainnya tag <body> juga memilikin tag penutup seperti ini </body>.

Konsentrasi seorang Frontend Developer tertuju pada elemen di antara tag <body> dan </body>.

Mungkin untuk artikel kali ini cukup sampai disini dulu dan next time saya akan membahas tentang apa itu Frontend Developer diartikel yang lain setelah kita memahamin HTML, CSS, dan JavaScript.

Sampai bertemu di Dasar HTML Bagian III.